Refleksi 14: Model Siklus Belajar

Nama : Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering : B
Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran

Refleksi 14
Siklus belajar ( learning cycle ) merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada teori Piaget dan teori pembelajaran kognitif serta aplikasi model pembelajaran konstruktivis. Model siklus belajar berorientasi pada peristiwa alami, saling berhubungan, atau prinsip-prinsip yang melibatkan beberapa konsep. Siklus belajar memberikan pengalaman konkrit pada siswa dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman konseptual.

Karakteristik Siklus Belajar, ada tiga fase:
1. Fase Explorasi: Guru membagikan materi dan benda-benda konkrit agar siswa dapat mencari dan mengumpulkan fakta-fakta dengan melakukan observasi dan percobaan. Guru berperan sebagai motivator, fasilitator, dan pembimbing pembelajaran
2. Fase Pengenalan Konsep: Dimulai dengan memperkenalkan suatu konsep atau konsep-konsep yang ada hubungannya dengan fenomena yang diselidiki, dan didiskusikan dalam konteks apa yang telah diamati selama fasa eksplorasi
3. Fase penerapan konsep: Fasa ini menyediakan kesempatan bagi para siswa untuk menggunakan konsep konsep yang telah diperkenalkan.

Lawson mengemukakan tiga tipe learning cycle yaitu: 
1) Deskriptif : para siswa menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi); guru memberi nama pada pola itu (pengenalan istilah atau konsep), kemudian pola itu ditentukan dalam konteks-konteks lain (aplikasi konsep).
2) Empiris-induksi : para siswa juga menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi), tetapi mereka selanjutnya mengemukakan sebab-sebab yang mungkin tentang terjadinya suatu pola.
3) Hipotesis deduktif : dimulai dengan pernyataan sebab. Para siswa diminta untuk merumuskan jawaban-jawaban hipotesis-hipotesis yang mungkin pada terhadap pernyataan itu.

Kelebihan Siklus Belajar
üMeningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
üMembantu mengembangkan sikap ilmiah siswa
üPembelajaran menjadi lebih bermakna.

Kekurangan Siklus Belajar
üEfektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran
üMemerlukan waktu dan tenaga yang banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran

Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Refleksi 6: Teori Konstruktivisme dan Penerapannya dalam Pembelajaran