Refleksi 13: PAKEM

Nama : Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering : B
Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran

Refleksi 13
PAKEM merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pemahaman. Gambaran pembelajaran menggunakan PAKEM adalah siswa terlibat dalam berbagai kegiatan, guru menggunakan berbagai alat bantu untuk membangkitkan semangat, guru mengatur kelas dengan menyediakan “pojok buku”, dan guru mendorong siswa untuk menemukan permasalahan sendiri.
PEMBELAJARAN
AKTIF : Siswa berinteraksi secara aktif dengan lingkungan.
KREATIF : Pembelajaran yang membangun kreativitas siswa.
EFEKTIF : Pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
MENYENANGKAN: pembelajaran dirancang untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Alasan penerapan PAKEM adalah dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran model konvensional dinilai membosankan, kurang menarik sehingga penguasaan materi kurang optimal. Ciri-ciri PAKEM adalah pembelajarannya mengaktifkan daya pikir peserta didik, mendorong kreativitas peserta didik dan guru, pembelajarannya efektif, dan pembelajarannya menyenangkan terutama bagi peserta didik. Ada empat prinsip PAKEM yaitu Mengalami (peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun emosional), Komunikasi (pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan peserta didik), Interaksi (pembelajaran memungkinkan terjadinya interaksi multi arah), Refleksi (pembelajaran memungkinkan peserta didik memikirkan kembali hal yang telah dilakukan).

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penerapan PAKEM adalah memahami sifat yang dimiliki anak (rasa ingin tahu dan berimajinasi), mengenal anak secara perorangan (bahwa tiap anak berasal dari lingkungan keluarga yang berbeda), memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar, , mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Pembelajaran dengan PAKEM ini cocok digunakan pada jenjang Sekolah Dasar, tetapi menurut saya juga bisa diterapkan di jenjang Sekolah Menengah (SMP dan SMA) agar siswa tertarik pada materi yang dianggap membosankan. Akan tetapi, hanya materi-materi tertentu yang bisa menggunakan PAKEM karena ada beberapa materi pelajaran yang memang harus dilaksanakan dengan serius dan fokus.
Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

AKHIRNYA KELAR PAPER ALHAMDULILLAH :'')

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran