Teori Kecerdasan Ganda

Bismillah
Nama: Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering: B

Teori Kecerdasan Ganda


Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence) adalah teori yang dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang ahli psikologi perkembangan dan guru besar di Harvard Unversity. Teori ini dikenalkan pada tahun 1993. Pengertian kecerdasan menurut Gardner adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu keadaan yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Dalam penelitiannya, Gardner menemukan bahwa tidak ada kegiatan manusia yang hanya menggunakan 1 macam kecerdasan melainkan menggunakan seluruh kecerdasannya.Semua kecerdasan ini bekerja sama sebagai satu kesatuan yang utuh dan terpadu. Ada 8 kecerdasan yang dikemukakan oleh Gardner yang dimiliki peserta didik, yaitu:
a. Kecerdasan linguistik
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk mengolah kata-kata dengan efektif baik secara oral maupun secara tertulis. Ciri-ciri anak yang mempunyai kecerdasan linguistik tinggi adalah lancar berbahasa, mudah mengembangkan pengetahuan berbahasa, dan mudah mempelajari beberapa macam bahasa.
b. Kecerdasan Logikal
Kemampuan yang berhubungan dengan penggunaan angka dan logika. Anak yang kecerdasan logikalnya dominan akan menyukai pelajaran matematika dan pelajaran yang berhubungan angka dan dapat dengan mudah melakukan tugas yang berhubungan dengan sistem yang abstrak.
c. Kecerdasan visual
Anak yang memiliki kecerdasan visual dominan akan memiliki kepekaan terhadap keseimbangan, relasi, warna, garis bentuk, dan ruang
d. Kecerdasan Kinestetik
Kecerdasan kinestetik tubuh adalah kecerdasan yang memungkinkan seorang memanipulasi objek dan cakap melakukan aktivitas fisik.
e. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan suara dan musik. Anak yang memiliki kecerdasan musik dominan akan memiliki kepekaan tinggi terhadap ritme, melodi, dan intonasi. Anak tersebut juga memiliki kemampuan memainkan alat musik, kemampuan bernyanyi, menciptakan lagu, dan kemampuan menikmati musik.
f. Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan ini berhubungan dengan kepekaan dan pengertian atas perasaan, motivasi, watak dan temperamen orang lain.
g. Kecerdasan intrapersonal
Kemampuan dalam membangun persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan kemampuan tersebut dalam membuat rencana dan mengarahkan orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan intraprsonal menonjol biasanya berjiwa kepemimpinan karena dapat mengenal dirinya dan mampu mengarahkan orang lain.
h. Kecerdasan Naturalis
Kemampuan mengenali dan mengelompokkan spesies-flora dan fauna di lingkungannya.  Anak yang memiliki kecerdasan ini akan menggunakan kemampuan tersebut secara produktif dalam berburu, bertani, dan mengembangkan pengetahuan alam.
Kedelapan kecerdasan tersebut semua terdapat dalam diri masing-masng individu, tetapi kadarnya berbeda-beda. Beberapa orang memiliki kecerdasan yang lebih menonjol. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang statis, tetapi dinamis dan dapat dikembangkan sehingga dapat berfungsi. Adanya kecerdasan pada anak dapat menjadi cara mudah bagi anak tersebut untuk belajar dengan kecerdasan yang menonjol dari dalam dirinya. Misalnya kecerdasan yang menonjol adalah musikal, maka ketika belajar anak tersebut akan sambil mendengarkan musik sehingga mereka menemukan sendiri cara yang asyik dalam belajar. Guru yang memiliki kecerdasan tersebut biasanya akan melakukan metode pembelajaran sesuai kecerdasan yang dia miliki.

Semoga bermanfaat
Adios ~

Komentar

  1. New and used slot machines - Pragmatic Play - AprCasino
    NEW AND poormansguidetocasinogambling NEW SLOT MACHINES WITH A HIGH RTP! casino-roll.com For the ultimate high-quality gaming aprcasino experience, www.jtmhub.com Pragmatic Play offers all of communitykhabar the

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran