Refleksi 12: Pendekatan CTL

Nama : Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering : B
Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran

Refleksi 12
Pembelajaran konstektual adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari. Tujuan pendekatan CTL adalah untuk membantu para siswa untuk mengaitkan makna pada pelajaran-pelajaran akademik mereka dengan cara yang tepat. Selain itu pendekatan ini memberikan pengalaman-pengalaman baru yang merangsang otak membuat hubungan-hubungan baru, dan menemukan makna baru. Konsep pendekatan CTL adalah bahwa belajar bukanlah menghafal dan bukan sekadar mengumpulkan fakta yang lepas-lepas, tetapi belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks. Salah satu karakteristik pendekatan CTL adalah pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang bermakna (meaningful learning). Pada pendekatan CTL biasanya belajar dilakukan dengan cara kelompok.

Komponen-komponen pendekatan CTL adalah konstruktivisme, menemukan (inquiry), bertanya (Questioning), masyarakat Belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection), penilaian yang sebenarnya (Autenthic Assesment). Refleksi adalah cara berpikir tentang apa yang baru dipelajari atau berpikir kebelakang tentang apa-apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan melakukan refleksi, seorang siswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Kelebihan tersebut akan menumbuhkan semangat belajarnya, dan kekurangan akan membuatnya berusaha memperbaiki kekurangan itu. penilaian adalah proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran tentang perkembangan belajar siswa. Data yang dikumpulkan diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan para siswa pada saat melakukan proses pembelajaran, bukan dari hasil mengerjakan tes akhir. Penilaian autentik dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain, hal yang dinilai bukan hanya hasil belajar tetapi juga proses belajar.

Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kecerdasan Ganda

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran