Refleksi 6: Teori Konstruktivisme dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Nama: Annisaa Ahmada Atusta
NIM : 150341603464
Offering : B
Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran

Refleksi 6

Teori konstruktivisme lebih menekankan pada cara peserta didik membangun ilmu pengetahuannya. Ilmu pengetahuan yang diperoleh tidak didapatkan secara instan, tetapi melalui tahapan-tahapan. Beberapa masalah diberikan kepada para siswa, kemudian siswa tersebut akan berusaha memecahkan masalah tersebut. Dari situlah pengetahuan didapat secara perlahan. Setelah pengetahuan tersebut terkumpul, siswa akan mulai berpikir dan menyusun ilmu pengetahuannya menjadi sesuatu yang kompleks. Semua pengetahuan yang diperoleh manusia tidak secara serta merta langsung didapatkan, tetapi secara bertahap. Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat.

Dengan menerapkan teori belajar seperti ini, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran akan semakin baik dan lebih lama mengingat. Apapun yang dipelajari melalui pengalaman akan diingat lebih lama. Begitu pula dengan penerapan teori ini. Manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata. Dari ketiga teori belajar yang telah saya pelajari, saya lebih menyukai teori belajar ini karena tidak membatasi inovasi dan kreativitas peserta didik untuk mengumpulkan pengetahuan baru.

Setelah diskusi tentang teori Kontruktivisme, ditengah presentasi, kami mengerjakan ujian pre-test yang seharusnya dikerjakan pada awal masuk perkuliahan. Soal tersebut berisi tentang permasalahan dalam Belajar dan pembelajaran dari materi ang telah dipelajari, sampai yang belum sama sekali (contih tentang self efficacy). saya mengerjakan ujian itu sebisa saya, karena ujian ini bertujuan untuk mengukur perkembangan belajar dari awal semester hingga akhir semester. Model tes seperti ini bisa saya terapkan juga jika saya menjadi guru nanti. Soalnya berbentuk multiple choice, tetapi isinya berbobot yaitu lebih banyak berupa menganalisis suatu masalah.

Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

AKHIRNYA KELAR PAPER ALHAMDULILLAH :'')