Hakikat dan Ciri-Ciri Umum Belajar dan Pembelajaran (Teori Deskriptif dan Preskriptif)

Bismillah ~
Nama: Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering: B

A. Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Hakikat belajar adalah tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Oleh karena itu belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadi atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, Pembelajaran merupakan suatu usaha sengaja, terararah, dan bertujuan oleh seseorang atau sekelompok orang agar orang lain dapat memperoleh pengalaman bermakna. Pembelajaran atau pendidikan merupakan proses interaksi yang mendorong terjadinya belajar. Proses belajar tersebut terjadi karena siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Sesuatu itu merupakan rekayasa pembelajaran. Contoh rekayasa pembelajaran adalah seorang guru yang membuat program pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. Kemudian guru tersebut meminta siswa untuk menyusun jadwal belajarnya sendiri di rumah. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses belajar terjadi apabila terdapat pembelajaran.
Bila siswa belajar, maka akan terjadi perubahan mental pada diri siswa. Setelah proses belajar dan pembelajaran selesai maka siswa akan memperoleh hasil belajar. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak pembelajaran diakhiri proses evaluasi belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan puncak proses belajar. Hasil belajar dibedakan menjadi dampak pengajaran dan dampak pengiring. Dampak pengajaran adalah hasil yang dapat diukur, misal nlai rapor. Dampak pengiring adalah terapan pengetahuan dan kemampuan di bidang lain atau merupakan suatu transfer belajar. Jadi, siswa yang telah mengalami proses belajar diharapkan hasil belajarnya dapat berguna bagi kehidupan di masyarakat.
Belajar dilakukan oleh siswa, sedangkan pembelajaran dilakukan oleh guru. Peran guru dalam pembelajaran yaitu membuat desain instruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar yang berupa dampak pengajaran. Peran siswa adalah bertindak belajar, yait mengalamai proses belajar, mencapai hasil belajar, dan menggunakan hasil belajar yang digolongkan sebagai dampak pengiring. Teori belajar adalah teori deskriptif karena tujuannya adalah memberikan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena ujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang sesuai dan optimal.

B. Ciri-ciri Umum Belajar dan Pembelajaran

Ciri-ciri umum Belajar dan Pembelajaran meliputi beberapa unsur yaitu pelaku, tujuan, proses, tempat, lama waktu, syarat terjadi, ukuran keberhasilan, faedah, dan hasil. Tabel di bawah ini menyajikan ciri-ciri umum pembelajaran, belajar, dan perkembangan.
Unsur-unsur
Pembelajaran
Belajar
Perkembangan
1. Pelaku
Guru adalah pelaku pembelajaran
Siswa adalah pelaku yang bertindak dalam proses belajar
Siswa mengalami perkembangan mental
2. Tujuan
Membantu siswa untuk menjadi pribadi mandiri yang utuh
Memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup
Memperoleh perubahan mental
3. Proses
Proses interaksi antara pendidik dan peserta didik yang merupakan faktor eksternal belajar
Adanya proses internal dalam diri peserta didik yaitu proses berfikir tentang hal yang dipelajarinya
Internal pada diri peserta didik
4. Tempat
Lembaga pendidikan sekolah dan luar sekolah
Dimana saja
Siswa dapat belajar dimanapun
5. Lama waktu
Seumur hidup. Apabila terjadi di lembaga pendidikan, maka lamanya sesuai jenjang lembaga
Seumur hidup
Seumur hidup
6. Syarat terjadi
Guru (pendidik) memiliki kewibawaan pendidikan
Adanya motivasi belajar yang kuat dari diri peserta didik
Kemauan mengubah diri menjadi lebih baik
7.Ukuran keberhasilan
Terbentuk pribadi terpelajar
Dapat memecahkan masalah kehidupan
Adanya perubahan positif pada diri peserta didik
8. Faedah
Bagi masyarakat dapat mencerdaskan kehidupan bangsa
Bagi peserta didik dapat mempertinggi martabat pribadi
Peserta didik memperbaiki kemampuan mental
9. Hasil
Pribadi sebagai pembangun yang produktif dan kreatif
Hasil belajar yaitu berupa dampak pengajaran dan dampak pengiring
Kemajuan kognitif, afektif, dan psikomotorik
Tabel adaptasi dari Monks, Knoers, Sti Rahayu, 1989; Biggs & Telfer, 1987; Winkel, 1991.

Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kecerdasan Ganda

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran