Refleksi Perkuliahan 2: Perkembangan Kurikulum di Indonesia dan Landaan Filosofisnya

Nama: Annisaa Ahmada Atusta
NIM: 150341603464
Offering: B
Mata Kuliah: Belajar dan Pembelajaran

Refleksi 2
Perkuliahan hari ini sangat menarik karena dilaksanakan secara diskusi. Penataan bangku perkuliahan yang berbentuk U membuat diskusi menjadi lebih kondusif . Pak Hadi mempersilahkan mahasiswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pengertian kurikulum. Menurut hasil diskusi, kurikulum merupakan plan for learning artinya rencana untuk pembelajaran agar pembelajaran yang berlangsung tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. dalam hal ini, kurikulum berfungsi sebagai pedoman pendidikan. kurikulum harus memiliki value. Kurikulum tidak hanya berperan sebagai transfer of knowledge, tetapi juga harus berperan sebagai transfer of value yang mengajarkan tentang watak, perilaku, moral, ketaqwaan, keimanan, dan kreativitas.

Dalam diskusi ini juga dibahas bahwa Kurikulum di Indonesia sebenarnya keliru. Indonesia mendidik bangsanya untuk menjadi orang yang konsumtif. Hal ini terbukti pada fenomena 'Cabai Mahal'. Orang-orang protes karena harga cabai mahal, seperti harga daging. Padahal seharusnya mereka bisa memanfaatkan lahan kosong di rumahnya untuk menanam cabai dan menjadi orang yang produktif. Cara mendidik di Indonesia harus diubah agar bangsa Indonesia menjadi orang yang produktif, inovatif dan kreatif sehungga dapat menciptakan sesuatu yang berguna bagi kehdupan dunia. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai upaya mencerdskan kehidupan bangsa, yaitu menjadi bangsa yang peka terhadap keadaan lingkungan, dan melakukan perubahan terhadap keadaan tersebut.

Pada diskusi kali ini, saya bingung sekali untuk berpendapat dan saya kagum dengan teman-teman saya yang berani menyampaikan pendapatnya dengan bahasa, yang menurut saya, tinggi. Saya kurang memiliki kemampuan berkata-kata seperti itu. Untuk perkuliahan selanjutnya saya berharap memiliki sedikit keberanian untuk menyampaikan pendapat saya. Perkuliahan hari ini sangat mengesankan

Adios ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kecerdasan Ganda

Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran