Bismillah Nama: Annisaa Ahmada Atusta NIM: 150341603464 Offering: B Teori Kecerdasan Ganda Teori Kecerdasan Ganda ( Multiple Intelligence ) adalah teori yang dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang ahli psikologi perkembangan dan guru besar di Harvard Unversity. Teori ini dikenalkan pada tahun 1993. Pengertian kecerdasan menurut Gardner adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu keadaan yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Dalam penelitiannya, Gardner menemukan bahwa tidak ada kegiatan manusia yang hanya menggunakan 1 macam kecerdasan melainkan menggunakan seluruh kecerdasannya.Semua kecerdasan ini bekerja sama sebagai satu kesatuan yang utuh dan terpadu. Ada 8 kecerdasan yang dikemukakan oleh Gardner yang dimiliki peserta didik, yaitu: a. Kecerdasan linguistik Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk mengolah kata-kata dengan efektif baik secara oral maupun secara tertulis. Ciri-ciri anak yan
Bismillah Nama : Annisaa Ahmada Atusta NIM : 150341603464 Offering: B Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran Teori belajar Revolusi Sosio-Kultural dikembangkan oleh seorang psikolog yaitu Vygotsky. Vygotsky berpendapat bahwa interaksi anak dengan orang dewasa akan berpengaruh pada perkembangan keterampilan anak tersebut. Menurut Vygotsky pula, orang dewasa sensitif terhadap kesiapan anak untuk menghadapi tantangan baru, dan mereka menyusun kegiatan yang tepat untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan baru. Dalam teori ini, orang dewasa berperan sebagai mentor dan guru yang mengarahkan anak ke dalam zone of proximal development – istilah Vygotsky untuk rentang keterampilan yang tidak dapat dilakukan anak tanpa bantuan orang dewasa. Contoh orang tua mengajarkan konsep angka sederhana misalnya menghitung dengan menggunakan lidi. Saat anak berpartisipasi pada pengalaman semacam itu sehari-hari dengan orang tua, guru, dan orang lain, merek
Bismillah. Nama: Annisaa Ahmada Atusta NIM : 150341603464 Offering : B Teori Sibernetik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Teori belajar sibernetik adalah teori belajar yang berbasis informasi dan teknologi. Teori belajar ini relatif baru dibandingkan teori-teori belajar lainnya. Proses belajar penting dalam teori sibernetik, tetapi yang lebih penting adalah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajari siswa.Proses belajar memang penting dalam teori sibernetik, namun yang lebih penting lagi adalah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajari siswa. Teori ini berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Menurut teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Asumsi lain dari teori sibernetik adalah bahwa tidak ada satu proses belajar yang ideal untuk segala situasi dan cocok untuk semua siswa. Sebab cara belajar ditentukan oleh cara penyampaian materi. Suatu materi yang sama mungkin akan dipelajari siswa melalui proses belajar yang
Komentar
Posting Komentar