Bismillah Nama: Annisaa Ahmada Atusta NIM: 150341603464 Offering: B Teori Kecerdasan Ganda Teori Kecerdasan Ganda ( Multiple Intelligence ) adalah teori yang dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang ahli psikologi perkembangan dan guru besar di Harvard Unversity. Teori ini dikenalkan pada tahun 1993. Pengertian kecerdasan menurut Gardner adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu keadaan yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Dalam penelitiannya, Gardner menemukan bahwa tidak ada kegiatan manusia yang hanya menggunakan 1 macam kecerdasan melainkan menggunakan seluruh kecerdasannya.Semua kecerdasan ini bekerja sama sebagai satu kesatuan yang utuh dan terpadu. Ada 8 kecerdasan yang dikemukakan oleh Gardner yang dimiliki peserta didik, yaitu: a. Kecerdasan linguistik Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk mengolah kata-kata dengan efektif baik secara oral maupun secara tertulis. Ciri-ciri anak...
Bismillah Nama : Annisaa Ahmada Atusta NIM : 150341603464 Offering: B Teori Revolusi Sosio-Kultural dan Penerapannya dalam Pembelajaran Teori belajar Revolusi Sosio-Kultural dikembangkan oleh seorang psikolog yaitu Vygotsky. Vygotsky berpendapat bahwa interaksi anak dengan orang dewasa akan berpengaruh pada perkembangan keterampilan anak tersebut. Menurut Vygotsky pula, orang dewasa sensitif terhadap kesiapan anak untuk menghadapi tantangan baru, dan mereka menyusun kegiatan yang tepat untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan baru. Dalam teori ini, orang dewasa berperan sebagai mentor dan guru yang mengarahkan anak ke dalam zone of proximal development – istilah Vygotsky untuk rentang keterampilan yang tidak dapat dilakukan anak tanpa bantuan orang dewasa. Contoh orang tua mengajarkan konsep angka sederhana misalnya menghitung dengan menggunakan lidi. Saat anak berpartisipasi pada pengalaman semacam itu sehari-hari dengan orang tua, guru, dan ora...
Bismillah ~ Nama: Annisaa Ahmada Atusta NIM: 150341603464 Offering: B Mata Kuliah: Belajar dan Pembelajaran Indonesia memiliki beberapa kurikulum dari masa setelah kemerdekaan sampai sekarang. Kurikulum-kurikulum tersebut selalu mengalami penyempurnaan. Kurikulum terakhir di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013. Mungkin saja K13 akan mengalami penyempurnaan. Apa yang dimaksud dengan kurikulum? Kurikulum adalah program pendidikan yang diberikan oleh lembaga pendidikan. Kurikulum berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.dalam satu periode jenjang pendidikan. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan kurikulum adalah untuk mempersiapkan rakyat Indonesia agar memiliki kemampuan hidup serta menjadi warg...
Komentar
Posting Komentar